6
7

Tapis Evolution Upaya Majukan Industri Kreatif dan Pariwisata Lampung

Dalam sambutannya Ridho Ficardo sebagai pencetus Tapis Evolution menjelaskan jika Tapis Evolution yang mengikutsertakan UKM, komune, disokong oleh Pemerintah provinsi Lampung lewat Dinas Koperasi dan Lampung Segalow ialah usaha Pemerintah provinsi Lampung untuk lebih memajukan industri inovatif dan pariwisata Lampung.

 

“Semoga aktivitas Tapis Evolution ini dapat berjalan terus dan makin besar dengan penuh gagasan inovatif, dan menjadi satu diantara jadwal pada tingkat nasional.” Berharap Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo.

“Nantinya even budaya seperti Tapis Evolution ini dapat dirangkaikan dengan even atau aktivitas Pemerintah provinsi untuk isi ekonomi kepariwisataan.” Tegasnya.

Lampung Segalow dan Tapis Evolution

Lampung Segalow ialah kelompok dari anak-anak muda Lampung yang memiliki banyak gagasan inovatif. Lantas mereka mengartikan beberapa ide inovatif Gubenur Lampung. Terhitung ajang ke-2 mereka yakni Tapis Evolution, sesudah sukses adakan Lacofest.

Seperti kita kenali awalnya Lampung Segalow sudah sukses mengadakan Lampung Coffee Festival di Mal Boemi Kedaton di awal Desember 2016 kemarin. Menggandeng banyak warung kopi dan komune pencinta minum kopi, ajang ini ramai didatangi 2 hari beruntun.

Mahakarya Kain Tapis Lampung

Kain Tapis itu sebagai peninggalan budaya Lampung yang tidak ternilai harga. Bebera saat lalu, keelokan kain tapis dan mahkota siger dari Indonesia, terutamanya Lampung, memetik banyak sanjungan pada pembukaan Olimpiade 2016. Dan kamu tentu tahu jika banyak perancang baju luar dan dalam negeri yang telah mengeksploitasi tapis dalam karya-
kreasinya.

Menurut Ridho, kain tapis adalah mahakarya yang susah ditemukan saingannya dengan wilayah lain. Maknanya, karena ada acara Tapis Evolution ini, dapat munculkan industri inovatif. Mengapa, karena yang mengusung tapis ini umumnya beberapa orang luar yang bawa nama wangi Indonesia, dan malam hari ini ialah pucuk dari perayaan tapis
Lampung sampai ke depan.

Ridho Ficardo mengharap, tapis sebagai salah satunya keunggulan tradisi Lampung dapat menjadi satu diantara budaya terkenal selainnya batik. Karena itu pentingnya memasyarakatkan tapis baik secara enteng sampai di dalamnya ada inovasi-inovasi kekinian. “Apabila sudah begitu, baru kita dapat munculkan lapangan pekerjaan baru sampai penarik tujuan rekreasi. Tak lupa menggerakkan barisan, komponen, atau apa saja itu untuk sama melestarikan budaya Lampung,” ungkapkan Ridho.

“Salah satunya yang kita saksikan yang dapat kita jual sebagai salah satunya favorit yang tidak kalah atas wilayah lain ialah keelokan kain tapis kita yang kelihatan eksklusif dan tidak gampang membuat. Di sanalah rupanya salah satunya selling poin yang dapat kita unggulkan.” Tutur Ridho.

 

Sajian Tari Kreativitas Lampung

Acara pembukaan semalam cukup ramai didatangi oleh beberapa faksi, baik dari kelompok pemda atau warga umum. Saya menyaksikan beberapa admin account punya pengaruh di Lampung lalu-lalang di lokasi acara. Ketika berada sajian tari, baru saya dapat menyapa sapa mereka sekalian melihat tari-tarian yang memikat mata dan hati.

Dibuka dengan Tari Tabuh Kayu dari sanggahr Bunga Mayang, Pembukaan Tapis Evolution terlihat demikian semarak. Beberapa kumpulan anak-anak wanita demikian gesitnya membawa tarian yang demikian enerjik. Berlarian, berlompatan, berteriak, dengan demikian menarik dan kadang kelihatan lucu.

Diteruskan dengan penyiaran slide video mengenai riwayat tapis Lampung. Lantas kembali disajikan tarian dari sanggahr tari pimpinan Aprilani Yustin Ficardo dengan Tari Bedal.

Tari-tarian inovatif mereka benar-benar melipur saya semalam.

Lomba-lomba Menarik

Terang-terangan, saya tidak datang dari siang hari saat lomba-lomba itu diawali. Tetapi menurut bang Raswan Tapis, tari-tarian yang ditampilkan oleh beberapa siswa SMP dan SMA itu sangatlah baik. “Semestinya diri kamu saksikan buat beberapa foto”, demikian kata bang Raswan ke saya sekalian minum kopi semalam.

Sayang sekali memanglah tidak dapat menyaksikan segi inovatif beberapa siswa dalam membawa tari-tarian yang diperlombakan dalam Lomba Evolusi Tari Lampung.

Saat saya menulis ini berusaha untuk mencari di instagram dengan tagar #tapisevolution. Dan memang betul, kelihatannya lomba tari itu sangatlah baik dan menarik.

Disamping itu ada juga lomba mural yang dituruti oleh peserta umum, perseorangan atau group. Hasil kreasi mereka ikut dipampang saat acara pembukaan semalam di media memiliki ukuran 2 x 1,5 mtr..

Tapis Jadi Budaya Terkenal Selainnya Batik Lampung

Jika menyaksikan acara ini, semangat anak muda untuk membikin tapis lebih membumi dan terkenal benar-benar harus dihargai. Memang tapis telah populer dimana saja. Tetapi apa telah banyak anak muda yang senang mengenakannya. Saya sendiri tidak punyai banyak baju yang ada ornament tapis di pakaian yang dapat saya gunakan setiap hari.

Jadi tidak cuma masalah tapis telah populer atau memang belum. Tetapi apa kita telah senang menggunakannya. Hayo ngaku 🙂

Menurut Gubernur paling muda se-Indonesia, Ridho Ficardo, dalam sambutan pembukaan Tapis Evolution semalam, tapis sebagai salah satunya keunggulan tradisi Lampung dapat menjadi satu diantara budaya terkenal selainnya batik.

Karena itu pentingnya memasyarakatkan tapis Lampung baik secara enteng sampai didalamnya ada inovasi-inovasi kekinian. “Apabila sudah begitu, baru industri inovatif Tapis Lampung dapat angkat golongan masyarakat kita, dapat buka lapangan pekerjaan. Dan jadi daya magnet tambahan tujuan rekreasi Lampung.” Ungkapkan Ridho.

Lihat Juga:

https://www.daihatsulampung.net/
https://sewamobillampung.co.id/
https://www.rentalmobillampung.co.id/
https://www.hondamobillampung.co.id/
https://dolanyok.com/rental-mobil-lampung/