2
11

Cara Backup Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang ke Google Drive

Cara Backup Chat WhatsApp

Langkah Backup Chat WhatsApp Supaya Tidak Lenyap ke Google Drive – WhatsApp sebagai program chatting paling disukai oleh beberapa orang seringkali berisi chat-chat penting yang penting dibackup atau dicadangkan.

Disamping itu, saat menukar HP dan ingin masih tetap aktifkan account whatsapp lama di HP baru, penting untuk menyimpan chat. Saat ingin lakukan uninstall whatsapp, lalu memasangkannya kembali, diperlukan backup chat supaya tidak lenyap dan bisa dipulihkan.

Berikut lima cara langkah backup chat whatsapp yang bisa dilaksanakan untuk menyimpan chat ke Google Drive.

Buka Menu Settings

Cara backup chat whatsapp pertama kali yang perlu dilaksanakan ialah buka program whatsapp di HP atau handphone. Selanjutnya, membuka menu penataan atau Setel yang berwujud titik tiga yang ada di atas kanan.

Sesudah buka menu settings akan ada opsi menu, seperti akun, chats, notifications, data and penyimpanan usage, invite a friend, help.

Masuk ke Menu Chats

Dalam menu settings, tentukan chat. Saat itu juga penampilan akan berpindah ke opsi chats. Selanjutnya tentukan backup chat. Pada tahapan ini, akan kelihatan waktu akhir kali backup chat whatsapp. Info waktu tidak tampil, bila backup pertama kalinya dilkukan atau mungkin tidak pernah backup chat secara automatis atau manual.

Disamping itu, akan ada juga keterangan dari whatsapp jika chat yang dicadangkan atau dibackup akan masuk account google drive dan penyimpanan intern telephone. Maka dari itu, tak perlu kebingungan ke mana chat akan dibackup.

Menyambungkan Account WhatsApp dengan Google Drive

Sesudah buka menu backup chat, tentukan menu backup to google drive. Selanjutnya tentukan atau isi account google drive yang ingin disambungkan dengan whatasapp.

Bila account google telah ada, karena itu secara automatis whatsaapp telah tersambung dengan google drive. Lantas, tentukan jeda yang diharapkan untuk meng-cover chat.

Jeda yang bisa diputuskan salah satunya ialah harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Selainnya jeda, dapat pilih jaringan dengan tap menu back up over, maka mucul opsi WI-FI atau WI-FI or cellular.

Untuk backup chat whatsapp yang memiliki ukuran besar bisa pilih jaringan WI-FI, supaya backup bisa lebih cepat dan tidak habiskan paket internet.

Mengawali Proses Backup

Dalam langkah meng-cover chat whatsaapp yang paling penting ialah proses backup tersebut. Proses backup diawali dengan tap menu backup yang bertombol hijau. Tunggu hingga proses backup usai. Durasi waktu backup benar-benar tergantung pada besarnya chat yang hendak dibackup.

Di proses backup, perlu dipehatikan untuk hapus beberapa chat yang kurang penting. Jaringan atau akses internet harus juga pada kondisi normal dan tidak terusik. Hal itu ditujukan supaya proses backup dapat dilaksanakan secara cepat dan backup chat tidak besar.

Mengembalikan Chat yang sudah Dicadangkan (Opsional)

Diambil dari website marijang.id, Sesudah proses backup usai, akan mucul pernyataan jika backup sudah sukses. Langkah backup chat whatsapp yang ditujukan untuk pencadangan hasnya cukup sampai di sini.

Tetapi, bila backup ditujukan untuk menyimpan chat di HP baru, atau re-install program whatsapp yang terhapus, karena itu perlu dilaksanakan rekondisi.

Rekondisi cukup dilaksanakan dengan log in whatsapp memakai account atau nomor telephone yang sudah didaftarkan. Sesudah masuk ke account whatsapp, maka ada opsi untuk mengembalikan atau restore chat.

Tap sembuhkan chat dan tunggu hingga proses rekondisi chat usai. Dengan demikian, semua chat yang sudah dibackup akan dipulihkan kembali di program whatsapp atau HP baru.

Simak juga:

– Pemicu dan Langkah Menangani Panggilan WhatsApp Memiliki masalah
– Ini Ia 3 Langkah Sadap WhatsApp Jarak Jauh Yang Gampang
– Langkah Supaya Nomor Telephone Tidak Kelihatan di WhatsApp

Ke-4 langkah backup chat whatsapp itu bisa dilaksanakan secara periodik sesuai keperluan. Backup chat dapat dilaksanakan dimanapun sepanjang akses internet pada kondisi normal. Selamat mempraktikkan!